Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi KeNUan kelas VIII

 NAHDLATUL ULAMA DALAM MENYEBARKAN PAHAM AHLUSSUNAH WALJAMAAH
§  Ulama adalah orang islam yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Ilmu Agama dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Ia mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dan mulia karena menjadi pewaris ajaran para nabi yang wajib diteladani.
§  Peran Ulama sangat banyak baik dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan maupun dalam pendidikan dan ekonoma i.
§  Banyak bukti dan usaha yang dilakukan oleh NU dalam mempertahankan ajaran-ajaran Aswaja. Bukti tersebut nampak baik melalui peperangan, debat maupun mendirikan organisasi NU. Sedangkan usaha yang sudah dilakukan diantaranya menyeleksi, meneliti buku maupun kitab yang menjadi rujukan belajar warga NU, memasyarakatkan paham Aswaja dan pelestarian amalan Nahdliyin.

 SUMBER SUMBER HUKUM ISLAM MENURUT AHLUSSUNAH WALJAMAAH
§  Paham Ahlussunah Waljamaah atau Aswaja, memiliki empat sumber hokum yang telah disepakati para ulama, yaitu
Al Qur’an, Al Hadist, Ijmak dan Qiyas
§  Penerapan Qiyas seperti Narkotika hukumnya haram meskipun tidak ada nash nya salam ayat Al Qur’an maupun Hadist karena penetapan haramnya di Qiyaskan dengan khamr yang hukumnya haram
 ALIRAN-ALIRAN DALAM ISLAM
§  Adanya aliran-aliran dalam islam di sebabkan oleh permasalahan politik, yakni pergantian pemimpin, tepatnya pengangkatan Ali bin Abi Thalib sebagai khalifah.
§  Lahirnya aliran Khawarij, didasarkan pada ketidakpuasan terhadap keputusan Ali bin Abi Thalib untuk meneria Tahkim dari pihak Muawiyah yang diwakili oleh Amr bin Ash. Khawarij berpandangan bahwa orang mukmin  yang berbuat  dosa besar adalah kafir dan wajib dibnunuh.
§  Aliran Murjiah berpandangan bahwa orang yang berbuat dosa besar tetap mukmin dan bukan kafi.
§  Aliran Muktazilah berpandangan  bahwa orang mukmin  yang berbuat dosa besar bukan kafir dan bukan mukkmin (al manzilah baina al manzalatain)
§  Aliran Qodariyah berpandangan bahwa manusia memiliki kemerdekaan dalam berkehendak dan berbuat.
§  Aliran Jabariyah berpandangan bahwa manusia tidak memiliki kemerdekaan dalam berkehendak da berbuat.
§  Ahlussunah Waljamaah merupakan golongan yang menganut ajaran agama islam secra murni sebagaimana yang telah diajarkan dan diamalkan oleh Rosululluh dan para sahabtanya.


 MAZHAB-MAZHAB FIKIH DALAM ISLAM
§  Secara bahasa, kata mazhab mempunyai arti yakni pertama telah berjalan, telah berlalu, telah mati. Kedua, sesuatu yang diikuti dalam berbagai masalah yang disebabkan adanya pemikiran atau yang dijadikan pedoman atau metode.  Sedangkan secara istilah, Mazhab adalah mengikuti mazhab tertentu dalam sistem pengambilan hokum islam/fikih dari mazhab fi aqwal (pendapat) menuju pengembangan madzhab fii al manhaj (metodologi)
§  Tokoh-tokoh madzhab fikih dalam islam khususnya yang dipahami Aswaja adalah empat yakini Imam Abu Hanifah Imam Malik , Imam Syafi’I , Imam Hambali.
§  Pemikiran dari empat madzhab bisa dilihat dalam table berikut ini ;


No
Tokoh Madzhab
Dasar Pengambilan keputusan
Corak pemikirann
Tempat tinggal
1.
Imam Abu Hanifah
Al Qur’an, fatwa-fatwa para sahabat, qiyas, istihsan, ijmak, dan urf
Ahlu Ra’yu
Irak
2.
Imam Malik
Al Qur’an, Assunah, amalan ahlu madinah (urf), fatwa para sahabat, ijmak, qiyas, maslahat mursalah, istihsan adz dzara’i
Ahlu Hadis
Madinah
3.
Imam Syafi’I
Al qur’an, hadis, ijmak, qiyas. Kemudian untuk istinbath, istihsan sad dzari’ah merupakan suatu metode dalam merumuskan dan menyimpulkn hokum-hukum dari sumber utamnya (Al qur’an dan Hadist)
Ahlu Ra’yu (Qul Qadim)
Ahlu Hadis (Qul Jadid)
Irak, Mesir
4.
Imam Hambali
Nushus (al qur’an, assunah dan nash ijmak, fatwa sahabat, hadist hadist mursal, dan daif, qiyas, istihsan, sad al dzara’I, istishab, al maslahah al mursalah.
Berpegang teguh kepada al qur’an dan hadist, karena pada masa itu banyak aliran yang nyimpang dari ajaran Islam.
Irak
·         Alasan memilih empat madzah bagi Aswaja adalah
Pertama, kualitas pribadi dan keilmuwan mereka sudah masyhur.
Kedua, keempat Imam Madzahb tersebut merupakan Imam Mujtahid mustaqil.
Ketiga, para Imam Madzhab mempunyai murid yng scr konsisten mengajar dan mengembangkan madzhabnya yang didukung  oleh buku induk yang masih terjamin keasliannya hingga saat ini.
    Demikianlah, rangkuman yang bisa saya tulis.. seemoga bermanfaat.. saya sebagai penulis, tntu dalam mengetik naskah ini banyak kesalahan ejaan maupun yang lain, untuk itu saya minta maaf. Kritik dan sara anda sangat mmbntu..
Sumber Rangkuman :Buku KeNUan kelas VIII

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO MADRASAH

MAKALAH QUR'AN HADIST MANUSIA SEBAGAI HAMBA ALLOH & KHALIFAH DI BUMI

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Wb Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Manusia sebagai Hamba Alloh dan sebagai Khalifah di Bumi   Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.              Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami  menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.               Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Manusia sebagai H