Langsung ke konten utama

Sistem Ekskresi Pada Manusia

Sistem Ekskresi adalah sistem pengeluaran zat sisa metabolisme yg tidak diperlukan oleh tubuh.
 Semua zat sisa harus dikeluarkan dari tubuh, karena jika tidak dikeluarkan akan meracuni tubuh shg tubuh terkena penyakit.

1. Ginjal

terletak didalam rongga perut sebelah kanan kiri diantara ruas tulang belakang.
Ginjal kanan lebih kecil karna tempatnya sempit. Berat ginjal kurang lebih 170gram, panjangnyansekitar 10cm. Bentuknya seperti biji kacang koro atau kacang merah. Berwarna keunguan.. Berikut penampang ginjal..
Didalam Korteks terdapat Nefron yang berfungsi sbg alat penyaring darah.. 
Bagian-bagian  Nefron
-Glomerulus
-Kapsula Bowman
-Tubulus Kontortus Proksimal
-Lengkung Henle
-Tubulus Kontortus Distal
-Tubulus Kolektivus

Fungsi Ginjal

-Menyaring zat sisa berupa urea dari darah
-Mengatur keseimbangan air dan garam dalam darah (osmoregulasi)
-Membuang substansi asing, sisa obat dan zat racun dalam darah

Proses Pembentukan Urine
1. Filtrasi (penyaringan)
 Proses ini terjadi di Glomerulus. Cairan yg tersaring kemudian ditampung di Kapsula Bowman. Cairan tsb tersusun oleh urea, glukosa, air asam urat dan ion-ion anorganik spt natrium kalsium kalium dan klor. Hasil dari proses ini disebut filtrat glomerulus atau urin primer.
2. Reabsorbsi (Penyerapan kembali)
  Proses ini terjadi di Tubukus Kontortus Proksimal. Disini cairan tsb, diserap kembali zat-zat yang masih dapat diperlukan oleh tubuh. Zat yg diserap kembali adalh glukosa, air, asam amino dan ion-ion anorgaik. Hasil dari proses ini adalah filtrat tubulus atau urin sekunder.
3. Augmentasi (Pengumpulan)
   Proses ini terjadi di tubulus kontortus distal dan di tubulus kolektivus. Pada bagian ini trjd pengumpulan cairan dari proses sebelumnya. Selain itu ditambahkan zat-zat lain spt ion hidrogen, amonia dan sisa obat. Cairan yg dihasilkan sudah berupa urin sesungguhnya, yg kemudian disalurkan ke rongga ginjal..
Faktor-faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya urin
-Jumlah cairan yg diminum
-Jumlah garam yg harus dikeluarkan
-Hormon ADH yg dihasilkan kelenjar hipofise dalam otak.
-Suhu lingkungan
Cara Menjaga Ginjal 
-Banyak minum air putih
-Kurangi makanan dan minuman yg banyak mengandung bahan kimia
-Banyak memakan makanan sehat

Mungkin segini dulu yg bisa aku sampaikan..
sumber : penjelasan guru dan modul

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi KeNUan kelas VIII

  NAHDLATUL ULAMA DALAM MENYEBARKAN PAHAM AHLUSSUNAH WALJAMAAH §   Ulama adalah orang islam yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Ilmu Agama dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Ia mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dan mulia karena menjadi pewaris ajaran para nabi yang wajib diteladani. §   Peran Ulama sangat banyak baik dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan maupun dalam pendidikan dan ekonoma i. §   Banyak bukti dan usaha yang dilakukan oleh NU dalam mempertahankan ajaran-ajaran Aswaja. Bukti tersebut nampak baik melalui peperangan, debat maupun mendirikan organisasi NU. Sedangkan usaha yang sudah dilakukan diantaranya menyeleksi, meneliti buku maupun kitab yang menjadi rujukan belajar warga NU, memasyarakatkan paham Aswaja dan pelestarian amalan Nahdliyin.   SUMBER SUMBER HUKUM ISLAM MENURUT AHLUSSUNAH WALJAMAAH §   Paham Ahlussunah Waljamaah atau Aswaja, memiliki empat sumber hokum yang telah disepakati para ulama, yaitu Al Qur’an

MAKALAH QUR'AN HADIST MANUSIA SEBAGAI HAMBA ALLOH & KHALIFAH DI BUMI

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Wb Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Manusia sebagai Hamba Alloh dan sebagai Khalifah di Bumi   Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.              Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami  menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.               Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Manusia sebagai H

LOGO MADRASAH