Langsung ke konten utama

Bab 4 PRAKARYA kelas XI kurtilas

CIRI CIRI KOSMETIK BERMERKURI
Selain dengan Pemeriksaan LABORATORIUM untuk mengetahui Kadar merkuri didalam suatu Krim. Sebenarnya Krim merkuri mempunyai ciri yang sangat khas yaitu sebagai berikut :

1. Krim Pada umumnya lengket.  
Sebagian lagi ada yang mencampurkan  merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer pada kosmetik itu.
2. Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu & kasar), bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.
3. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat utk menghilangkan bau logam merkuri tsb.

Description: Ciri-ciri dan Bahaya Kosmetik Bermerkuri

4. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna utk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil (cap kupu-kupu) warna kuning dan warna krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara)
5. Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal.
6. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.
7. Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat
8. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (kurang 1 minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih)
9. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi utk melindungi radiasi paparan matahar juga sdh tdk berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun.
Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah & menjadi rusak.
10. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sdh tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal.
11. Bila anda telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal. Baca juga Ciri dan Mencegah Keputihan  .
12. Bila pemakaian dihentikan akan bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah
13. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman
14. untuk lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.
15. Dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan cacat & kematian pada JANIN.
Berikut bahaya kosmetik bermercuri yang dapat menggangu metabolisme tubuh, dengan gejala sebagai berikut :
  • Pusing,
  • Di orientasi ruang,
  • Mual-mual,
  • Tremor (gemetar),
  • Susah Tidur,
  • Gangguan Penglihatan,
  • Gangguan Emosi,
  • Depresi.
  • Pelupa (pikun)









10 Jenis Masker Wajah Alami Dan Cara Membuatnya

1. Masker Buah Pepaya ( mencerahkan )
Siapkan buah pepaya matang segar, kupas lalu cuci sampai bersih. selanjutnya, lumatkan sampai lembut seperti pasta. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah yang sudah di bersihkan terlebuh dahulu. Kemudian biarkan masker tersebut sampai meresap dan mengering selama 20 sampai 30 menit secara alami. Terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih. Kandungan zat kimia aktif yang terdapat pada buah pepaya seperti enzim berfungsi untuk membantu memeperbaiki kerusakan sel kulit yang di karenakan paparan sinar matahari, mengurangi noda hitam atau bintik-bintik hitam sehingga kulit tampak lebih cerah secara alami. Lakukan cara tersebut secara rutin dan teratur 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar hasilnya dapat optimal.

2. Masker buah pisang
Buah pisang mengandung zak aktif seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E serta pattasiun yang memiliki berbagai manfaat dari kandunganya tersebut sehingga sangat baik untuk menjaga dan merawatn kulit. caranya yaitu : lumatkan buah pisang dengan kulit yang berbintik hitam sampai menjadi pasta. Selanjutnya beri campuran madu sambil diaduk rata. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah secara merata dan biarkan sampai meresap. Kemudian diamkan selama 30 menit sampai mengering dan meresap. Terakhir bilas denga menggunakan air hangat dan disusul dengan air dingin.

3. Makser Putih Telur
Telur memang kaya akan kandungan protein serta vitamin yang baik bagi tubuh, tetapi tak hanya itu saja telur juga memiliki khasiat yang sangat menakjubkan bagi kulit wajah. Nah, jika anda memiliki masalah dengan kulit kering, kasar dan berminyak sekaligus dapat mengencangkannya maka masker dengan putih telur merupakan jawabannya. Caranya yaitu : siapkan putih telur, lalu beri campuran air lemon dan madu aduk sampai tercampur rata. Selanjutnya aplikasikan pada kulit secara merata dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin sampai bersih.

4. Masker buah alpukat
Buah yang satun ini banyak mengandung vitamin E sehingga dapat melembabkan sekaligus menjaga kulit dari tanda penua dini. Caranya yaitu : lumatkan sampai lembut seperti pasta. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan air sampai bersih.

5. Masker oat meal
Dengan menggunakan masker tersebut kulit wajah akan terasa lebih kencang, halus dan lembut seperti bayi. Caranya yaitu : siapkan 1/3 cangkir oat meal, lau seduh dengan ½ gelas air hangat sampai bercampur rata. Selanjutnya beri campuran 2 sendok makan madu dan 2 sendok  makan yoghurt tanpa rasa sambil diaduk rata. Setelah itu aplikasikan pada kulit wajah dan leher secara merata dan diamkan selama 30 menit sampai meresap dan kering sempurna. Terakhir bilas dengan air sampai bersih.

6. Masker minyak zaitun
Salah satu Cara mengatasi kulit kering yaitu dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu melembabkan kulit sekaligus menghaluskannya. Cara cukup mudah, yaitu : aplikasikan secara merata minyak zaitun pada kulit dan leher. Lakukan  cara ini menjelang tidur dan keesokan paginya bilas dengan air hangat dan air dingin sampai bersih. Selain penggunaan secara langsung, minyak zaitun juga dapat kombinasikan dengan sari lemon.

7. Masker seledri
Seledir dapat mengatsi kulit kusam dan berminyak,caranya yaitu : siapkan seledri segar, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya iris halus daun seledri, lalu rebus dengan air sampai mendidih. Setelah dingin tempelakan daun daun air seledri sampai meresap dan mengering dengan sedirinya. Terakhir bilas dengan air sampai bersih.

8. Masker susu murni
Susu memang terbukti dapat menghaluskan dan mencerahakn kulit sejak zaman dulu, caranya yaitu : campurkan ¼ cangkir susu bubuk murni dengan air secukupnya sampai berbentuk seperti pasta. Selanjutnya, aplikasikan pada kulit secara merata dan biarkan sampai meresap dan mengering secara sempurna. Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

9. Masker mentimun
Cara  mudah terhindar dari tanda-tanda penuan yaitu dengan masker mentimun. Pilih mentimun yang masih segar, lalu cuci bersih dan iris tipis bulat. Setelah itu, masukan kedalam lemari es selama 10 menit. Keluarkan dan tempelkan pada kulit secara merata dan diamkan selama 30 menit. Mentimun dapat memberikan efek menyegarkan dan dapat mengatasi kulit terbakar yang di akibatkan sinar matahari. Selain itu, juga masker mentimundapat mengatasi lingkar dan kandung mata.

10. Masker bengkoang
Masker bengkoang dapat mencerahkan, menghaluskan, mengecilkan pori dan menghilangkan bintik hitam pada kulit wajah. Cara nya yaitu : haluskan bengkoang sampai lembut, lalu peras dan ambil aitnya. Masukan air perasan bengkoang dalam wadah bening dan biarkan sampai mengendap. Jika sudah mengendap buang airnya dan gunakan endapan atau sari bengkoang pada kulit wajah dan leher sebagai masker. Diamkan selama 30 menit samapi meresap dan mengering dengan sendirinya. Terkahir bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit wajah secara alami secara rutin dan teratur 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.


  1. Pisang (Musa paradisiaca)
Pisang adalah tumbuhan berukuran besar dan berdaun lebar memanjang berasal dari suku Musaceae. Pisang memiliki buah yang muncul dalam bentuk tandan dan tersusun menjari yang disebut sisir. Hampir semua pisang mempunyai kulit berwarna kuning saat matang. Namun, ada pila pisang yan berwarna jingga, merah, hijau, ungu, bahkan hampir hitam. Pisang sangat baik dikonsumsi karena mengandung karbohidrat sebagai sumber energi serta kaya mineral, terutama kalium. Kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang matang adalah 99 kalori, 1,2 g protein, 0,2 g lemak, 0,2 g lemak, 25,8 mg karbohidrat, 0,7 g serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0,5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0,08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C, dan 72 g air.Berikut beberapa manfaat pisang untuk merawat kecantikan antara lain:
1)  melembabkan kulit
2)  menghilangkan bekas jerawat atau cacar
3)  menghaluskan tangan dan kaki
4)  menghaluskan kulit wajah
  1. Wortel (Solanum cycopursicum)
Wortel mengandung vitamin A, likopen, falcarinol. Berkhasiat untuk mencerahkan kulit, menghilangkan bercak/flek hitam, serta mencegah kanker.
  1. Alvokad (Persea americana)
Alvokad mengandung vitamin E, vitamin K, zat besi, sterolius, minyak. Berkhasiat sebagai pelembut dan pelembab alami untuk wajah, serta mengurangi penuaan dini.
  1. Papaya (Carica papaya)
Papaya termasuk salah satu buah yang mengandung vitamin C. Bahkan, kandungan vitamin C-nya lebih banyak dari pada kandungan vitamin C pada buah apel, yaitu 48 x lipatnya. Papaya berfungsi sebagai detoksifikasi yang bisa meremajakan kulit wajah dari dalam, juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut di wajah. Pepaya mengandung papain, berkhasiat mengurangi peradangan, menghilangkan bekas jerawat, dan memutihkan kulit.
  1. Lidah Buaya (Aloe vera)
Lidah buaya mengandung eksudat,aloe emoedyn, glikoida, vitamin dan mineral, berkhasiat untuk mencerahkan kulit, mengurangi bekas jerawat dan luka, melawan ketombe, mendinginkan kulit kepala, mencegah kerontokan rambut.

  1. Pembuatan Bahan Nabati Menjadi Masker
Bengkuang
Istilah masker wajah tidak asing bagi kita. Sering sekali istilah masker wajah kita dengar dan lihat melalui iklan, cetak, radio, dan TV. Masker wajah banyak digunakan untuk memperhalus dan memperindah wajah, karena banyak dari kita terkdang mengalami masalah dengan kulit wajah baik itu berminyak, jerawat, dan kusam.Sebagian besar kita menggunakan masker wajah untuk hal-hal berikut.
  1. Membersihkan dan memperbaiki pori-pori kulit
  2. Membersihkan kotoran dan minyak pada lapisan kulit yang lebih dalam, serta mengangkat sel-sel kulit mati
  3. Mengurangi iritasi kulit
  4. Menimbulkan perasaan sejuk dan nyaman pada kulit
  5. Menghaluskan lapisan luar kulit
  6. Sebagai pelembap dan penyegar kulit
Secara sistematik, masker wajah bertindak merangsang sirkulasi aliran darah maupun limpa, merangsang dan memperbaiki kulit melalui percepatan proses regenerasi dan memberikan nutrisi pada jaringan kulit.Masker wajah dapat juga berfungsi sebagai pembawa bahan-bahan aktif yang berguna bagi kesehatan kulit, seperti ekstrak tumbuhan, minyak esensial, atau rumput laut yang dapat diserap oleh permukaan kulit untuk dibawa ke dalam sirkulasi darah.Masker wajah berbentuk pasta atau krim dapat dioleskan langsung pada kulit. Dalam bentuk buah,dihancurkan lebih dahulu, baru dioleskan pada kulit wajah secara langsung atau diambil sarinya. Jenis buah sesuaikan dengan jenis kulit. Keistimewaan masker dari bahan alami ini adalah tidak mengeras sehingga kulit tetap bisa ‘bernapas’. Jika kamu mempunyai riwayat alergi atau memiliki kulit sangat sensitif, jaringan perut baru, terbakar sinar matahari, terdapat kerusakan pembuluh darah kapiler, ataupun mengalami infeksi dan penyakit kulit, sebaiknya tidak menggunakan masker wajah.
  1. Bahan Pembuatan Masker Bengkuang
Salah satu bahan nabati yang dapat digunakan untuk membuat produk kosmetik adalah bengkuang. Bengkuang adalah umbi berwarna putih dengan bentuk seperti gasing, merupakan tanaman yang berasal dari daerah tropis Amerika dan termasuk suku Fabaceaatau polong-polongan. Selain bisa digunakan debagai bahan kudapan, bengkuang juga bermanfaat bagi kecantikan khususnya kulit. Bengkuang dikenal bisa membersihkan dan memutihkan kulit dan menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Buah ini sangat baik bagi kulit karena mengandung vitamin B1, vitamin C, pachyrhizon, fosfor, dan kalium.
  1. Alat- Alat yang Digunakan dalam Pembuatan Masker Bengkuang
Alat-alat yang digunakan pada pembuat masker bengkuang antara lain seperti berikut.
  1. Pisau, berfungsi untuk mengupas dan memotong buah bengkuang.
  2. Parutan, berfungsi untuk menghancurkan bengkuang agar mudah terekstrak.
  3. Saringan, berfungsi untuk menyaring atau memisahkan sari/ ekstrak dengan ampas bengkuang.
  4. Baskom, berfungsi untuk menampung ekstrak hasil penyaringan.
  5. Gelas ukur, berfungsi untuk mengendapkan pati yang ada pada ekstrak/sari bengkuang.
  6. Alat pengering, berfungsi untuk mengeringkan pati.
Hal- hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan alat pada pembuatan maskerbengkuang antara lain :
  1. kebersihan alat yang digunakan
  2. alat yang digunakan tidak bereaksi dengan bahan baku
  3. higienisitas alat dan bahan
  4. Proses Pembuatan Masker Bengkuang
Pembuatan masker adalah contoh dari tahapan pembuatan produk kosmetik. Adapun yang harus diperhatikan adalah tahapan/proses pembuatan dalam membuat karya pengolahan agar dapat dihasilkan karya pengolahan yang sesuai kegunaan, nyaman digunakan, tepat dalam pengolahan, memiliki nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, aman bagi kehidupan manusia.
Dalam merencanakan pembuatan karya pengolahan, yang harus diperhatikan adalah apa hal pokok yang ditugaskan. Kemudian, rencanakan pembuatannya dengan beberapa pilihan rancangan yang timbul dalam pikiranmu. Tuangkan semua pikiran kreatifmu yang berkaitan dengan hal pokok yang ditugaskan dalam bentuk desain rancangan kerja secara tertulis, berupa gambar ataupun skema dengan beberapa pilihan rancangan. Kemudian tetapkan hal apa yang akan dibuat, lalu buatlah rencana rancangan/desain secara lengkap sesuai tahapan pembuatan karya.Langkah kerja pembuatan masker bengkuang adalah sebagai berikut.
  1. Persiapan alat dan bahan
  2. Pencucian dan pengupasan
–  Bengkuang dicuci sampai bersih dengan air mengalir
–  Kemudian, kupas kulitnya
  1. Pemarutan
–  Bengkuang yang telah dikupas, kemudian diparut hingga halus.
  1. Penyaringan
–  Bengkuang yang telah diparut dicampurkan dengan air sampai filtratnya terekstrak semua.
–  Disaring dengan menggunakan saringan.
  1. Pengendapan
–  Hasil saringan diendapkan selama ± 1 jam.
  1. Pengeringan pati
–  Endapan yang telah terbentuk dikeringkan menggunakan sinar matahari.
  1. Pengemasan
–  Hasil pengeringan dikemas menggunakan kantong kertas atau bisa mengggunakan kantong plastik.
  1. Keselamatan Kesehatan Kerja pada Proses Pembuatan Masker Bengkuang
Hal- hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.
  1. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja.
  2. Memakai pakaian kerja/celemek
  3. Menggunakan penutup kepala.
  4. Memakai sepatu yang tidak terbuka dan dalam keadaan bersih.
  5. Setelah selesai menggunakan alat, bersihkan dan kembalikan ke tempat semula dengan rapi dan bersih.
  6. Penyajian dan Kemasan Produk Kosmetik
Pada akhirnya, setiap produk kosmetik harus diberi kemasan. Kemasan di sini selain berfungsi sebagai wadah dan pelindung juga sebagai daya tarik. Umumnya, produk kosmetik dikemas dengan bahan kaca,  plastik,  aluminium,  dan  bagian  luarnya  dimodifikasi dengan bahan alami seperti kelobot jagung. Bentuknya pun beraneka ragam, bisa disesuaikan dengan bahan bakunya seperti parfum mawar bentuknya pun mawar.
  1. Perawatan Produk Kosmetik
Produk kosmetik ataumake-upmemang mempunyai umur kadaluarsa. Tetapi, jika kita tidak benar menyimpannya, maka kosmetik bisa rusak yang ditandai dengan berubah warna atau berbau, padahal belum seharusnya belum kedaluwarsa. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam hal ini antara lain seperti berikut.
  1. Tutup rapat kemasan setelah selesai menggunakannya dan letakkan pada tempat yang sejuk. Kemasan yang terbuka walaupun hanya sedikit dapat membuat udara masuk dan bakteri yang ada di dalamnya berkembang biak dan menyebabkan kerusakkan pada kosmetik.
  2. Gunakan kuas atau spons saat menggunakan kosmetik
  3. Bersihkan wajah dan pastikan wajah dalam keadaan kering saat akan merias wajah. Air atau keringat dapat memicu jamur jika menempel pada produk kosmetik.
  4. Pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering jika harus menyentuh produk kosmetik.
  5. Wirausaha Produk Kosmetik
  6. Promosi Perencanaan Produk Kosmetik
Pemasaran tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi berkait pula dengan mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli. Untuk mengomunikasikan produk ini perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi, yang terdiri atas empat komponen utama yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan tatap muka.
  1. Periklanan (advertising)
Periklanan merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang biasa digunakan adalah Televisi, Surat kabar, majalah, internet, dan lain lain.
  1. Promosi penjualan (sales promotion)
Promosi penjualan merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau njasa dimana diharapkan pembelian dilakukan sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosi penjualan misalnya obral, pemberian kupon, dan pemberian contoh produk.
  1. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Penjualan tatap muka merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi in formasi dan mereka dipersuasi untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi perekrutan.
  1. Publisitas atau Hubungan Masyarakat
Publisitas merupakan bentuk komunikasi nonpersonal dalam bentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk-produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa, dan publisitas tidak dipungut biaya sama sekali tetapi bukan juga cuma-cuma.
  1. Langkah-Langkah Melakukan Wirausaha
Setiap orang boleh menentukan jenis usaha apa yang diambil. Tentu perlu perencanaan yang matang untuk merumuskan tahap demi tahap hal apa saja yang harus dilakukan, hal apa saja yang harus disiapkan dalam menjalankan usaha tersebut. Tahap awal diperlukan suatu perencanaan bisnis (bussines plan) yang akan dibuat. Perencanaan bisnis berisi tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan suatu usaha. Dalam mempersiapkan pendirian usaha, seorang calon wirausaha tidak mungkin berhasil dengan baik tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu.Perencanaan pendirian usaha akan memberikan uraian tentang langkah-langkah apa saja yang harus diambil, agar sesuai sasaran, baik berupa target, petunjuk pelaksanaan, jadwal waktu, strategi, taktik, program biaya, dan kebijaksanaan. Perencanaan pendirian usaha yang dibuat secara tertulis merupakan perangkat yang tepat untuk mengendalikan usaha agar fokus pelaksanaan usahanya tidak menyimpang.Beberapa hal yang harus dipersiapkan saat akan mendirikan usaha, yaitu mencakup hal-hal berikut.
  1. Nama perusahaan
  2. Lokasi perusahaan
  3. Jenis usaha
  4. Perizinan usaha
  5. Sumber daya manusia
  6. Aspek produksi
  7. Aspek pemasaran
Berikut adalah contoh perencanaan usaha sederhana untuk pengembangan usaha masker bengkuang yang merupakan produk kosmetik.
  1. Pemilihan Jenis Usaha
Hal pertama yang dilakukan sebelum menentukan jenis usaha adalah melakukan analisa SWOT. Pemilihan jenis usaha contohnya pembuatan masker bengkuang, analisa SWOT nya sebagai berikut:
1)  Strenght(kekuatan)
Bahan baku masker bengkuang mudah didapat, murah, proses pembuatannya mudah.
2)  Weakness(kelemahan)
Proses pembuatannya sangat tergantung pada cuaca. Memerlukan cuaca yang panas. Dapat juga menggunakan alat, seperti oven, akan tetapi biaya yang diperlukan relatif besar.
3)  Opportunity(kesempatan)
Seiring perkembangan zaman, penampilan menjadi tolak ukur utama dalam kehidupan. Manusia selalu berkeinginan untuk selalu tampil menarik dan cantik. Manfaat bahan alami yang terkandung pada bengkuang dapat membersihkan dan memutihkan kulit, sehingga banyak orang yang membutuhkannya.
4)  Threat(Ancaman)
Adanya pesaing, cuaca yang tidak mendukung menyebabkan produk berjamur.
  1. Nama Perusahaan
Setiap perusahaan harus memiliki nama, contohnya CV Jelita, dengan pendiri perusahaan terdiri atas 3 orang.
  1. Lokasi Perusahaan
Lokasi usaha ditentukan di daerah yang dekat dengan bahan baku, tidak jauh dari lokasi rumah pengelola, dan tidak terlalu jauh dari jangkauan pasar yang akan dituju. Tahap awal bisa menggunakan salah satu ruangan di rumah atau menyewa rumah di sekitar tempat tinggal.
  1. Perijinan Usaha
Izin usaha yang disiapkan, antara lain NPWP dari kantor pajak, akte notaris dari kantor notaris, SIUP/TDP dari Dinas Perindustrian Kota/Kabupaten, dan izin PIRT dari Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten.
  1. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia (SDM) yang dipersiapkan terdiri atas 3 orang pendiri, yang mempunyai tugas masing-masing sebagai :
1)  penanggung jawab produksi
2)  penanggungjawab pemasaran
3)  penanggung jawab administrasi dan keuangan
Seiring dengan perkembangan perusahaan, SDM yang dibutuhkan makin banyak disesuaikan besar kecilnya omzet dari perusahaan tersebut.
  1. Aspek Produksi
Dalam usaha produk kosmetik, selain menggunakan bengkuang sebagai bahan utamanya
juga diperlukan alat-alat dalam proses pembuatannya. Berikut ini adalah biaya yang diperlukan dalam proses pembuatan masker bengkuang dengan asumsi bengkuang yang digunakan sebanyak 30 kg per produksinya.
1)  Peralatan yang digunakan untuk produksi
                 
2)  Bahan baku yang digunakan dalam sekali proses produksi
                      
3)  Jumlah tenaga kerja yang digunakan dalam usaha
                      
4)  Harga hasil produks
            Kepala Badan POM, Roy Sparringa mengatakan, setidaknya ada 7 bahan kosmetik berbahaya, seperti:
1. Merkuri (Hg)
Merkuri sering disalahgunakan pada krim/lotion pemutih kulit. Merkuri merupakan logam berat yang berbahaya, yang dalam konsentrasi kecil pun dapat bersifat racun.
Pemakaian merkuri dapat menimbulkan berbagai hal mulai dari perubahan warna kulit yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan saraf otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin (teratogenik). Paparan jangka pendek dalam dosis tinggi menyebabkan diare, muntah-muntah dan kerusakan ginjal. Merkuri juga merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker).
2. Hidrokinon
Zat ini tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, hanya boleh untuk pengeras kuku. Namun hidrokinon sering disalahgunakan pada krim atau lotion pemutih kulit.
Hidrokinon adalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. Kemampuan hidokinon untuk menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) membuat bahan tersebut digunakan sebagai pencerah kulit (skin lightening) yang populer.
Namun pengguna hidrokinon dalam jangka panjang dan dosis tinggi dapat dapat menyebabkan hiperpigmentasi terutama pada derah kulit yang terkena sinar matahari langsung dan dapat menimbulkan ochronosis (kulit berwarna kehitaman).
Hal ini akan terlihat setelah penggunaan selama 6 (enam) bulan dan kemungkinan bersifat irreversible (tidak dapat pulih kembali). Bahan ini dilarang digunakan dalam kosmetika perawatan kulit dan rambut karena pada penggunaan jangka menengah (mid-term) dapat menyebabkan vitiligo/leukoderma (kehilangan pigmen sehingga kulit menjadi pucat secara tidak beraturan).
Krim yang mengandung hidrokinon akan terakumulasi dalam kulit yang dapat menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA, sehingga kemungkinan pada pemakaian jangka panjang bersifat karsinogenik.
3. Asam Retinoat/Tretinoin/Retionic Acid
Asam Retinoat/Tretinoin/Retionic Acid banyak disalahgunakan pada obat peeling (pengelupasan kulit), obat jerawat dan pemutih dengan mekanisme kerja pengelupasan kulit. Zat ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik.


4. Resorsinol
Resorsinol dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengganggu sistem imun. Bahaya pemakaian resorsinol pada kulit luka atau teriritasi berupa gejala dermatitis, iritasi mata, kulit, tenggorokan, saluran pernafasan atas, methemoglobinemia, cyanosis, konvulsi, peningkatan detak jantung, dispepsia, hipotermia, hematuria.
5. Bahan Pewarna
Bahan Pewarna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075) sering disalahgunakan pada produk lipstik atau sediaan dkoratif lain (pemulas kelopak mata dan perona pipi) karena warnanya yang cerah. Bahan pewarna sintetis ini umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik. Rodhamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.
6. Diethylene Glycol (DEG)
Diethylene Glycol (DEG) merupakan sesepora (trace element) yang terdapat pada bahan baku gliserin dan atau polietilen oksida yang digunakan pada pembuatan kosmetika misalnya pasta gigi.
Jadi kadar DEG dalam gliserin dan polietilen glikol tidak boleh melebihi batas kadar yang ditentukan. DEG merupakan racun bagi manusia dan binatang karena dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat, keracunan pada hati dan gagal ginjal.
7. Timbal (Pb)
Pb atau timbal merupakan bahan yang dilarang digunakan pada sediaan kosmetika. Pada anak-anak, timbal dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan sistem syaraf dan memicu problem dalam tingkah laku dan belajar, menurunkan IQ dan pendengaran, menghambat pertumbuhan dan menyebabkan anemia.
Sedangkan pada dewasa, timbal dapat menyebabkan gangguan sistem syaraf pusat, kardiovaskuler (meningkatkan tekanan darah dan hipertensi) dan menurunkan fungsi ginjal. Namun demikian, sebagai cemaran, timbal (Pb) dibatasi dalam kosmetika dengan kadar maksimal 20 ppm.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Materi KeNUan kelas VIII

  NAHDLATUL ULAMA DALAM MENYEBARKAN PAHAM AHLUSSUNAH WALJAMAAH §   Ulama adalah orang islam yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Ilmu Agama dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Ia mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dan mulia karena menjadi pewaris ajaran para nabi yang wajib diteladani. §   Peran Ulama sangat banyak baik dalam bidang keagamaan, kemasyarakatan, kenegaraan maupun dalam pendidikan dan ekonoma i. §   Banyak bukti dan usaha yang dilakukan oleh NU dalam mempertahankan ajaran-ajaran Aswaja. Bukti tersebut nampak baik melalui peperangan, debat maupun mendirikan organisasi NU. Sedangkan usaha yang sudah dilakukan diantaranya menyeleksi, meneliti buku maupun kitab yang menjadi rujukan belajar warga NU, memasyarakatkan paham Aswaja dan pelestarian amalan Nahdliyin.   SUMBER SUMBER HUKUM ISLAM MENURUT AHLUSSUNAH WALJAMAAH §   Paham Ahlussunah Waljamaah atau Aswaja, memiliki empat sumber hokum yang telah disepakati para ulama, yaitu Al Qur’an

MAKALAH QUR'AN HADIST MANUSIA SEBAGAI HAMBA ALLOH & KHALIFAH DI BUMI

KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr. Wb Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah tentang Manusia sebagai Hamba Alloh dan sebagai Khalifah di Bumi   Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.              Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami  menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.               Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang Manusia sebagai H

LOGO MADRASAH